Santri Ponpes Syaichona Cholil Gelar Upacara HUT Kemerdekaan Menggunakan Masker dan Bersarung

BANGKALAN,- Santri Pondok Pesantren Syaichona Mohammad Cholil Demangan Bangkalan menggelar upara peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 75 di halaman Pondok Pesantren, Senin (17/08/20).

Upacara kali ini terlihat berbeda dengan sebelumnya, dimana semua peserta upacara menggunakan masker dan menjaga jarak dikarenakan kabupaten Bangkalan masih dalam keadaan tanggap darurat Pandemi Covid 19. Seperti yang telah disampaikan oleh ketua panitia pelaksana upacara, Munali.“Semua peserta memakai sarung dan wajib menggunakan masker bahkan kiai juga menggunakan masker karena menyesuaikan dengan kondisi pendemi yang belum berakhir” ujar Munali.

Munali juga menambahkan bahwa upacara kali ini tidak bisa diikuti oleh semua santri.“Kami sengaja membatasi jumlah peserta upacara kali ini hanya pada santri tingkat Tsanawiyah dan Aliyah agar supaya lebih khidmad, lebih mudah dikontrol dan lebih bisa mengikuti protokol kesehatan” pungkasnya.

Bertindak sebagai inspektur upacara, Ketua Umum Ponpes Syaichona Mohammad Cholil, KH. Moh. Nasih Aschal dalam amanahnya menyampaikan bahwa upacara peringatan kemerdekaan RI bukan hanya sebatas kegiatan ceremonial belaka.

“Upacara ini dilaksanakan agar supaya kecintaan kita pada Negara dan Bangsa ini tidak pernah luntur dan berkurang karena kemerdekaan ini telah diperjuangkan dengan tumpah darah para pahlawan kita” ungkapnya dari atas podium upacara.Menurutnya kedepan bangsa Indonesia masih h

arus berjuang menghadapi banyak tantangan oleh karenanya upacara ini digelar untuk terus mendorong para santri dalam ikut serta mengisi kemerdekaan dan menjaga keutuhan serta kedaulatan bangsa Indonesia.Beliau juga berpesan agar para santri tetap semangat dalam mencari ilmu sebagai bentuk semangat memaknai kemerdekaan yang sebenarnya.

“Kenapa hari ini kita tetap mengadakan upacara ketika disebagian tempat tidak menggelarnya, hal ini merupakan rangkaian usaha dan upaya kita dalam menjaga dan melestarikan kemerdekaan yang telah kita raih, mari kita maknai kemerdekaan ini dengan semangat mencari ilmu dan bekerja keras menuju indonesia maju” imbuhnya.

Upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ini diakhiri dengan pembacaan doa untuk kesejahteraan dan keselamatan bangsa Indonesia.

Zainal Arifin, Kadiv Pesantren PC RMI NU Bangkalan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *